Rabu, 16 November 2011

Manfaat Lagu Motivasi - Sound Of Motivation



Pikiran Bawah Sadar

Pikiran kita merupakan sebuah pabrik pemikiran. Sebuah pabrik yang sibuk memproduksi banyak sekali pemikiran setiap harinya. Para ahli yang berusaha menciptakan pikiran manusia, menemukan bahwa otak membutuhkan sebuah tempat yang setara dengan Empire State Building dan perkiraan total investasinya $US 10 juta. Total tenaga untuk memutar otak setara dengan tenaga yang dibutuhkan sebuah kota. Kita telah gratis menerima pabrik besar yang disebut pikiran manusia dari pencipta kita.
Produksi pabrik pikiran kita ini 88%nya ada dibawah kontrol, yakni pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar tersebut dikendalikan oleh dua pikiran, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran bawah sadar berlawanan dengan pikiran sadar. sebab pikiran bawah sadar mengendalikan pikiran jauh lebih kuat daripada yang kita ketahui (pikiran sadar 12% dan pikiran bawah sadar 88%).
Manusia 88% dikendalikan oleh pikiran bawah sadarnya sendiri dan ini dapat dilihat dari perilaku, sikap dan kebiasaan manusia dalam menjalani hidupnya. Tingkah laku, sikap dan kebiasaan manusia tersebut terbentuk oleh proses perjalanan hidupnya sendiri dari  semenjak lahir hingga sekarang.
Karena pikiran bawah sadar dikendalikan oleh dua pikiran (positif dan negatif), jadi apapun yang kita lihat, kita rasakan dan kita yakini akan dikirim ke dalam pikiran bawah sadar dan menciptakan kenyataan untuk kita berdasarkan pesan-pesan yang diterima oleh pikiran tersebut. Sehingga pikiran negatif melahirkan pola perilaku negatif dan sebaliknya pikiran positif akan melahirkan pola perilaku positif.
Pikiran bawah sadar dapat menciptakan hal luar biasa sepanjang kita mengetahui cara menggunakan dan cara mengirimkan pesan yang tepat kedalam pikiran bawah sadar tersebut.
“Setiap orang memiliki kekuatan didalam dirinya untuk melakukan atau menjadi apapun yang diinginkannya, akan tetapi satu-satunya persoalan bagi kebanyakan orang adalah tidak pernah mau mencari dimana letak kekuatan  tersebut berada, yang sebenarnya ada didalam dirinya sendiri. Kekuatan untuk mengendalikan pikiran khususnya pikiran bawah sadarlah yang merupakan kekuatan terbesar manusia”.

Musik Dan Pikiran Bawah Sadar

Psychosclerosis, suatu keadaan dimana mengerasnya sikap yang membuat  orang yang bersangkutan tidak lagi mau berpikir, bertindak, bermimpi, memimpin dan benar-benar dalam keadaan stagnasi. Keadaan ini disebabkan karena telah terbentuknya penjara mental di dalam pikiran yang di akibatkan oleh terakumulasinya berbagai macam persepsi, kepercayaan dan keyakinan yang salah dan di terima sebagai sesuatu yang benar, tanpa pernah diperiksa keabsahan dan kebenarannya hingga terbentuknya mental block.
Mental block adalah program atau kumpulan program pikiran yang tersimpan dipikiran bawah sadar yang bersifat menghambat seseorang dalam proses pencapaian keberhasilan, sehingga nasehat, saran dan pesan-pesan positifpun sudah tidak dapat masuk ke dalam pikiran bawah sadar.
Dalam pengamatan kami selama ini bahwa mental block dapat di tembus oleh gelombang atau Frekuenzi tertentu yang di hasilkan dari bunyi atau suara, mantra, doa, dzikir, alat musik dan sejenisnya tapi dengan satu syarat suara atau nada tersebut harus dipadukan dan memiliki sebuah pesan positif didalamnya, karena bunyi atau suara yang dipadukan dengan pesan positif bisa merangsang otak kanan dan otak kiri secara positif, bila diulang-ulang didengarkan akan berpengaruh terhadap pikiran bawah sadar dan termanifestasikan kepada tindakan positif. Sebaliknya bunyi atau suara yang dipadukan dengan pesan negatif bisa berdampak buruk terhadap pendengarnya, apalagi bila sering didengarkan atau diulang-ulang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar dan termanifestasikan kepada tindakan negatif.
Didasarkan pada karya ektensif dari Dr. Grindler dan Bandler yaitu Neuro Linguistik Programming (NLP) bahwa memasukan saran otomatis (auto sugestion) ke dalam pikiran bawah sadar dengan cara mengelilingi diri dengan gambar-gambar positif, kaset-kaset positif, cerita-cerita positif, lagu-lagu motivasi, dzikir, doa dan lain-lain dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar secara efektif. NLP ini adalah suatu cabang yang mempelajari bagaimana otak menyimpan informasi melalui proses belajar dan pengalaman sehari-hari. NLP ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1979 dan dipopulerkan oleh  Anthony Robins.
Pikiran Positif V.S Pikiran Negatif
Memori manusia bersifat holographic sehingga tidak ada memori yang berdiri sendiri-sendiri, semuanya saling terkait sehingga disaat kita berusaha positif pada saat yang sama pula kita mengaktifkan memori negatif di pikiran bawah sadar. Semakin kita berusaha positif semakin kuat efek negatifnya dan hal inilah yang jarang disadari dan dimengerti oleh sebagian besar orang yang mengakibatkan banyak orang semakin berusaha positif tetapi semakin dalam ia terperosok ke dalam perangkap berpikir negatif. Dan cara berpikir positif yang benar-benar positif dan efektif adalah dengan cara menyelaraskan pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar, bila pikiran sadar dan pikiran bawah sadar selaras efeknya akan luar biasa,  kita akan dapat dengan mudah mencapai target yang kita inginkan. Salah satunya dengan cara me-reframenya. Reframe adalah proses mengubah asosiasi negatif atau pikiran negatif menjadi positif atau mengolah setiap data yang masuk ke dalam pikiran dengan mengubah persepsi pada data yang masuk tersebut menjadi positif.

Teknik Penyelarasan Pikiran Sadar dengan Pikiran Bawah Sadar  Menggunakan Musik

Dalam prosesnya kami telah menciptakan aransemen lagu yang dapat dijadikan sebagai media untuk pemrograman pikiran bawah sadar yang kami tujukan untuk setiap orang yang ingin mengubah hidupnya menjadi lebih baik dan untuk  membantu seorang pecundang menjadi seorang pemenang. Nada atau bunyi pada musik yang kami ciptakan ini bertugas untuk menembus mental block walaupun gelombang otak dalam keadaan Beta dengan syarat diulang-ulang (repetisi), sedangkan syair atau kalimat pada lagunya berperan sebagai auto sugestion yang berfungsi untuk menyelaraskan pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar.
Auto Sugestion (sugesti otomatis) adalah sugesti yang secara sadar atau tidak sadar yang telah terbentuk di pikiran bawah sadar yang bersifat positif yang dapat membantu ketika sedang dalam keadaan tidak siap, pada waktu yang tidak terduga atau pada situasi yang tidak diharapkan (gerak reflekpun terjadi karena auto sugestion).
Aransemen musik yang dipadukan dengan syair atau lirik yang mengandung pesan positif akan berdampak efektif dalam membantu proses pencapaian keberhasilan, karena judul demi judul lagu yang bertemakan motivasi yang kami ciptakan ini diibaratkan sebuah Software yang siap diinstall-kan kedalam pikiran khususnya pikiran bawah sadar yang berfungsi sebagai auto sugestion.


Otak kanan dan Otak Kiri

Aransemen musik dapat mempengaruhi otak sebelah kanan atau sisi kreatif. Sedangkan syair atau lirik dalam setiap lagu dapat mempengaruhi otak kiri atau sisi analitikal. Musik klasik seperti Mozart sangat dianjurkan untuk didengarkan kepada janin yang masih dikandungan dan balita 0-5 tahun karena musik klasik atau simfony nada tanpa lirik ini sangat bagus untuk merangsang otak sebelah kanan, sedangkan perpaduan antara aransemen musik dan lirik lagu bisa mempengaruhi otak kanan dan otak kiri, hanya saja untuk mempengaruhi otak kiri secara positif diperlukan pesan-pesan positif.
Pesan-pesan atau kata-kata positif yang terdapat dalam sebuah lagu dapat me-reframe pikiran negatif jika didengarkan secara diulang-ulang atau repetisi, sebab pikiran bawah sadar hanya akan menerima atau menyimpan suatu pesan yang sifatnya repetisi dan memiliki emosi, atau dengan kata lain bila kita ingin menghapus pikiran negatif didalam pikiran bawah sadar maka kita harus mengantikannya dengan memasukan pesan positif secara diulang-ulang atau repetisi.

Ilustrasi

Seandainya kita harus membersihkan sebuah botol tinta yang kotor maka yang harus kita lakukan adalah menuangkan air bersih kedalam botol tinta yang kotor itu sampai tinta dan kotorannya tumpah keluar, kita harus terus menuangkan air bersih itu hingga botol tinta itu tak berisi apapun kecuali air bersih. Dengan cara yang sama, tidaklah mungkin mengosongkan pikiran dengan melempar keluar isi kesadaran dan membuatnya kosong. Sebaliknya, yang dapat dilakukan adalah terus menuang pikiran positif sampai semua pikiran negatif tumpah keluar.

Gelombang Otak

Dibawah ini adalah 4 keadaan pikiran
· DELTA Keadaan delta adalah keadaan disaat kita sedang tidur (tidur lelap tanpa mimpi)
· THETA Keadaan theta adalah keadaan disaat baru terbangun dari tidur atau bermeditasi (kreatif, inspiratif, ide, sugestif)
· ALPHA Keadaan alpha adalah keadaan disaat kita sedang konsentrasi, berpikir satu hal pada satu saat atau dalam kondisi (relaksasi dan satu perhatian)
· BETA Keadaan beta adalah keadaan disaat kita sedang banyak perhatian
               
Musik yang ketukannya antara 50 ketuk s.d. 70 ketuk per-menit sangat bermanfaat untuk relaksasi. Contohnya, sewaktu kita sedang belajar atau membaca buku. Musik dengan 50 ketuk s.d. 70 ketuk per-menit ini dapat berefek menyesuaikan denyut  jantung kita,  yaitu denyut jantung menurun hingga 50 sampai 70  ketukan per-menit. Sekarang bila jantung kita berdenyut selambat itu gelombang otakpun bergerak menuju keadaan alpha atau dalam kondisi fokus dan relaksasi (bagi beberapa orang musik dapat menjadi gangguan walaupun persentasenya sangat kecil sekali).     
Sedangkan musik yang ketukannya antara 120 ketuk s.d. 168 ketuk per-menit berefek memacu adrenalin atau semangat. Musik dengan 120 ketuk s.d. 168 ketuk per- menit ini berada dalam keadaan beta atau dalam kondisi banyak perhatian atau aktif bergerak.
Langkanya musik dan lagu-lagu motivasi di negeri tercinta ini menjadikan ide bagi kami untuk berkarya dan menciptakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat banyak khususnya orang-orang yang berpikiran positif yaitu satu buah album lagu yang bertemakan motivasi. Lagu yang kami ciptakan ini bernuansa pop rock, berisikan pesan-pesan positif dan kata-kata motivasi yang sengaja kami sajikan dalam tempo 50 ketuk s.d. 70 ketuk per-menit dan 120 ketuk s.d. 168 ketuk per-menit agar dapat memicu seseorang masuk dalam keadaan alpha dan beta atau dalam kondisi fokus, relaksasi dan aktif bergerak yang berefek memacu adrenalin atau semangat secara positif. Lagu yang kami ciptakan ini pun menggunakan simple chord atau nada-nada sederhana yang memudahkan seseorang untuk cepat menghafal lagam lagu tersebut.
Adapun keunggulan dari lagu-lagu motivasi yang kami ciptakan ini adalah  :

· Merangsang tingkat imajinasi secara positif
· Baik untuk merangsang otak kanan ( sisi kreatif)  dan otak kiri ( sisi analitikal)
· Berperan sebagai media ketiga untuk penyampaian pesan-pesan positif
·Dapat meningkatkan tingkat keyakinan untuk menjalani hidup secara lebih baik dan positif
·Dapat me-Reframe pikiran-pikiran negatif dan menggantikannya dengan pikiran positif ( media doktrinisasi positif )
·Bersifat mendorong, memotivasi, dan menyemangati
·Berfungsi sebagai media untuk memasukan saran otomatis (auto sugestion) kedalam pikiran bawah sadar.
·Dapat mempengaruhi tingkat emosi seseorang sehingga dapat merangsang perubahan organik menjadi sehat dan kuat.
·Alat bantu efektif untuk program pemulihan Psychosclerosis
·Menyelaraskan pikiran positif dengan pikiran negatif
·Dapat digunakan di acara seminar-seminar pengembangan diri dan bisnis.
·90% lebih efektif bila digabungkan dengan visual/tampilan gambar
                

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More