Jumat, 01 Juli 2011

Siapa Anda sesunggunya?




Bagaimana orang lain memandang Anda
Lapisan terluar adalah citra Anda di mata orang lain. Entah baik ataupun buruk, orang lain memiliki pandangan tentang Anda sebagai seorang individu, sebagai pempimpin, sebagai orang tua , sebagai anak atau sebagai teman. Mereka memandang Anda dari sudut tertentu. Citra tersebut antara lain berasal dari Anda sendiri, namun juga disaring lewat nilai-nilai serta beban-beban orang lain.

Bagaimana Anda ingin orang lain memandang Anda
Banyak orang yang menguatirkan apa kata orang, dan ada yang bahkan menghabiskan waktu, tenaga serta uang untuk menyembunyikan siapa mereka agar orang lain lebih memandangnya tinggi. Tidak semua orang puas membiarkan orang lain menganggapnya bagaimana.

Bagaimana Anda memandang diri sendiri
Setiap orang memiliki citra diri dalam benaknya. Ada orang yang dengan sendirinya memiliki kesadaran diri, dan citra dirinya cukup tepat. Ada juga yang tidak tepat citra dirinya. Citra diri yang tepat membutuhkan waktu dan upaya, menuntut pertumbuhan, penjelajahan dan pengambilan resiko. Dan bahkan seseorang yang  mengenal dirinya cukup baikpun, terkadang perlu menyesuaikan persepsi dirinya.

Siapa Anda sesunggunya
Mungkin Anda memiliki citra yang hampir tepat, namun Anda takkan pernah memandang diri sendiri setepat dan seutuh seperti yang Tuhan pandang. Kita semua hendaknya menemukan bagaimana Tuhan menjadikan kita. Dan kita harus berusaha menerima kelebihan dan kekurangan kita, lalu tumbuh untuk mencapai potensi kita. Proses tersebut akan menolong kita menjadi manusia yang baik. Kalau kita lakukan itu, citra diri kita akan semakin sesuai dengan identitas kita sesungguhnya, dan orang akan semakin memandang kita apa adanya tulus dengan segala kekurangan kita, yang berusaha melakukan sebaik mungkin. Itu akan membuat kita dihormati orang lain  dan membuat orang tertarik kepada kita.


0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More