Rabu, 06 Juli 2011

Mengapa tutur kata harus dijaga

” Setelah bincang-bincang yang sopan dengan wanita lansia, seorang perdana, yang tidak menyadari bahwa mikrofonnya masih menyala, menyebut wanita itu picik dan mengeluh bahwa para staf semestinya tidak membiarkan dia mendekat. Seantero negeri terperangah medengar sebutanya atas wanita itu. Reputasinya tercoreng, dan sangat perdana menteri pun kalah dalam pemilu hanya delapan hari kemudian”.
Tidak ada manusia yang dengan sempurna mengendalikan lidahnya. Pengalaman di atas menyingkapkan bahwa bahwa tutur kata harus dijaga. Reputasi Anda, Karier Anda, dah bahkan baik-tidaknya hubungan Anda dengan orang lain sangat bergantung pada budi bahasa Anda.
Tetapi, tahukah bahwa tutur kata sebenarnya adalah jendela batin Anda. Menyingkapkan siapa Anda sebenarnya. Kata-kata mencerminkan orang macam apa Anda, yang mencakup perasaan, pikiran dan emosi. Penting agar Anda menganalisis pola tutur kata Anda dengan cermat.
Kata-kata berawal dari pikiran. Untuk memperbaiki tutur kata, Anda perlu memperbaiki cara berpikir Anda. Ingatlah bahwa pikiran Anda di pengaruhi oleh apa yang Anda lihat dan baca. Jadi, untuk menghindari pikiran yang negatif dan tidak bersih, hindarilah pengaruh negatif, sebaliknya pusatkan pikiran Anda pada hal-hal yang bersih dan positif serta pikirkan dulu sebelum bicara.



0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More