Rabu, 10 Agustus 2011

Fokus Pada Impian


Anda akan memperoleh apa pun yang menjadi fokus anda dalam kehidupan, entah itu baik atau buruk, positif atau negatif. Jadi jika selalu memusatkan pikiran dalam hal-hal yang tidak anda inginkan, anda akan terus mendapatkan lebih banyak. Ubahlah fokus anda, buatlah beberapa pilihan dinamis baru, dan putuskan untuk mengejar apa yang anda inginkan. Jika anda lebih spesifik dalam apa yang anda inginkan, lebih jelas dan antusias dalam menunjukan fokus anda, maka semakin besar kekuasaan yang dapat diberikan untuk mencapai apa yang benar-benar anda inginkan dengan lebih cepat. Kekuasaan, dalam bentuk kemampuan anda untuk memilih untuk mengambil tindakan antusias, adalah penting bagi kesuksesan pencapaian mimpi dan keinginan anda.
Manusia paling bahagia memiliki tujuan yang luar biasa dalam hidup mereka sehingga mereka begitu bergairah. Manusia cenderung lebih bergairah ketika terorientasi oleh target yang berharga dan diinginkan. Kebahagiaan adalah suatu gejala dari fungsi alami, sebagaimana seorang individu yang berjuang dengan antusiame yang besar untuk mencapai tujuan yang berarti, ia akan merasakan tujuan dan nilai, apa pun situasinya.
Anda akan menjadi orang yang lebih bahagia, lebih bersemangat, tak sabar untuk meraih kesempatan baru, jika tujuan anda terarah. Dengan menampilkan antusiasme terbesar terhadap tugas-tugas tersebut dengan nilai ketahanan yang tertinggi akan menciptakan perasaan tersebut. Kesadaran akan tujuan anda akan menjadi antusiasme ketiak anda bekerja menuju tujuan yang luar biasa. Sebagai manusia yang berorientasi pada pencapaian, berani dan penuh inspirasi, anda terserap dengan bahagia dalam apa yang anda lakukan serta tak sabar untuk memberiakan usaha yang maksimal. 

Berkonsentrasilah  kepada satu sasaran utama
Tidak seorang pun pernah mencapai potensinya dengan menyebarkan diri ke dua puluh arah yang berbeda-beda. Mencapai potensi itu menuntut fokus. Itulah sebabnya, penting sekali anda temukan maksud anda. Begitu anda putuskan ke mana seharusnya anda arahkan perhatian anda, harus anda putuskan apa yang rela anda korbankan demi itu. Dan itu sangat penting. Tidak mungkin ada sukses tanpa pengorbanan. Keduanya berjalan seiring. Kalau anda ingin mencapai sedikit, berkorbanlah sedikit. Tetapi kalau anda ingin mencapai hal-hal besar, bersedialah untuk berkorban banyak. 
Fokuslah kepada masa depan
Tokoh baseball yang masuk Hall of Fame, Yogi Berra, menyatakan,”Masa depan tidaklah sama seperti yang sudah-sudah’. Walaupun itu mungkin benar, toh kita hanya mungkin menuju masa depan. Potensi anda terletak di depan anda, entah anda baru berusia delapan tahun, delapan belas, atau sudah empat puluh delapan atau delapan puluh tahun. Anda masih mempunyai ruang ruang untuk meningkatkan diri. Anda bisa mnjadi lebih baik besok daripada hari ini. Seperti kata pepatah Spanyol. “Ia yang tidak menatap ke depan akan ketinggalan”.  

Impian itu memberi kita arah
Pernahkah anda mengenal seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang apa yang diinginkannya dalam kehidupannya, tetapi sangat sukses? Saya pun belum pernah. Kita semua membutuhkan sesuatu yang layak untuk kita bidik. Impian member kita itu. Impian bertindak sebagai kompas, memberitahu kita arah yang seharusnya kita tempuh. Dan hingga kita identifikasikan arah yang tepat itu, kita tidak akan pernah tahu pasti apakah kita betul-betul meraoh kemajuan. Tindakan-tindakan kita mungkin saja mundur daripada maju. Kalau anda bergerak kea rah mana pun kecuali menuju impian anda, anda akan melewatkan peluang-peluang yang anda perlukan untuk sukses. 
Impian itu meramalkan masa depan kita
Ketika kita mempunyai impian, kita bukanlah sekedar penonton, yang mengharapkan segalanya beres. Kita berpartisipasi aktif dalam membentuk makna kehidupan kita. Dan angin perubahan tidaklah menghembuskan kian ke mari. Impian pribadi kita, ketiak dikejar, adalah peramal masa depan yang paling besar peluangnya. Itu bukannya berarti kita mempunyai jaminan apa pun, tetapi itu toh meningkatkan peluang kita untuk sangat sukses.
Beranialh bermimpi dan menindak lanjuti impian itu. Bermimpilah terlepas dari adanya masalah, keadaan, dan hambatan. Sejarah penuh dengan pria wanita yang menghadapi  kesusahan tetapi toh meraih sukses. Umpamanya, orator Yunan, Demosthenes itu sebetulnya gagap! Pertama kalinya ia berusaha berbicara di depan publik, ia ditertawakan habis-habisan hingga turun panggung. Tetapi ia bermimpi menjadi pembicara terkenal. Ia kejar impian tersebut dan bertumbuh menuju potensinya. Dikatakan bahwa ia suka memasukan batu ke dalam mulutnya dan berlatih berbicara mengatasi suara gelombang yang menerpa pantai. Keuletannya ternyata tidak sia-sia. Ia berhasil merealisasikan iampiannya: ia menjadi orator besar di zamannya.
Oliver Wendell Holmes mengatakan,”Yang mengasyikan di dunia ini bukanlah di mana kita berada melainkan ke mana kita menuju”.  Itu jugalah salah satu hal yang mengasyikan tentang mempunyai impian. Anda bisa mengejar impian anda, di mana pun anda berada hari ini. Dan apa yang terjadi di masa lalu tidaklah sepenting apa yang terdapat di depan anda. Seperti kat pepatah, “seperti apa pun masa lalu seseorang itu, masa depannya tetap tak bercacat”. Anda bisa mengejar impian anda hari ini juga!

Fokus kepada solusi
Demikian pulalah halnya, orang yang positif sikapnya memfokuskan waktu dan perhatian mereka kepada solusi, bukan masalah. Boleh dikata siapa pun bisa melihat masalah. Tidak ada yang istimewa dalam hal itu. Tetapi orang positif memelihara cara berpikir solusi, melihat solusi dalam setiap masalah dan kemungkinan dalam setiap kemustahilan. Seperti kata Louis D. Brandeis, hakim Pengadilan Tinggi yang namanya digunakan untuk Brandeis University, “kebanyakan hal yang layak dikerjakan di dunia itu pernah dinyatakan mustahil sebelum akhirnya terlaksana”. 
Ambilah keputusan
Anda harus mengambil keputusan. Apakah anda akan menghabiskan waktu dan energy anda menyesalkan apa yang seharusnya, atau apakah anda akan focus kepada apa yang mungkin? Bahkan ketika kebenaran adan keadilan memihak andapun, anda tidak akan pernah dapat meluruskan yang sudah salah. Terus memperjuangkan hak-hak anda di dunia yang tidak sempurna bisa menjadikan anda penuh kebenciaan, amarah dan kepahitan. Emosi-emosi  yang merusak itu menguras energy anda dan menjadikan anda negative. Lagipula, ketika anda focus pada kepada hak-hak, anda seringkali melihat kebelakang ketimbang kedepan. Anda tidak mungkin meraih kemajuan ketika menghadap  kea rah yang keliru. “kalau anda ingin bepergian jauh dan cepat sebaiknya jangan membawa beban yang berat. Tanggalkanlah segala iri hati, kecemburuan, sikap tidak sela memaafkan, sikap mementingkan diri sendiri, dam ketakutan”
Ketika anda tidak lagi memusingkan hak-hak anda, anda arahkan fokus kearah yang benar, dan anda bisa maju dalam perjalanan anda. Anda kenali apa-apa yang salah, tetapi anda maafkanitu dan  focus kepada apa yang bisa anda kendalikan,melakukan itu akan meningkatkan energy dan membangun potensi anda.
“ kita diberikan satu peluang, dan kalau kita tidak memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, kita tidak bisa mendapatkan kembali waktu kita dan mencoba lagi”
“dalam perjalanan sukses, bagian pertama perjalanannya adalah sama pentingnya dengan bagian akhirnya. Yang penting adalah terus menerus maju menuju tujuan anda”
 Sasaran sebagai panduan
1.       Sasaran membangkitkan kesadaran akan maksud anda
“Anda akan menjadi sekecil hasrat yang mengendalikan anda, sebesar aspirasi anda yang dominan”. Sasaran membantu anda memfokuskan perhatian kepada maksud anda dan menjadikannya aspirasi anda yang dominan. Sasaran membantu anda mengetahui kemana anda menuju. Dan seperti filsuf-pujangga Ralph Waldo Emerson,” Dunia memberikan jalan kepada mereka yang mengetahui kemana mereka menuju”

2.       Sasaran memberi anda “aba-aba”
“Anda tidak mungkin mendorong siapapun keatas kecuali ia sendiri bersedia mendaki” Demikian pulalah halnya dengan sesorang yang menempuh perjlanan sukses; ia tidak akan maju kecuali iatermoyivasi untuk itu. Sasaran  bisa membantu memberikan motivasi. “Tidak seorangpun pernah mencapai sesuatu yang berarti tanpa sasaran; penetapan sasaran adalah daya terkuat manusia unutk motivasi diri”.
Sasaran bukan saja membantu anda mengembangkan motivasi awal dengan menjadikan impian anda mungkin dicapai, melainkan juga membantu anda untuk terus termotivasi, dan itu menciptakan momentum. Begitu anda memulai perjalanan sukses, akan sulit bagi anda untuk berhenti. Prosesnya serupa dengan apa yang terjadi dengan kereta api.memulainya itulah yang paling berat. Ketika dalam posisi di stasiun, kereta api itu bisa dicegah maju hanya dengan menempatkan kayu satu inci dibawah masin-masing roda lokomotifnya. Tetapi begitu kereta api itu melaju, bahkan tembok beton yang diperkuat dengan baja setebal lima inci pun takkan sanggup menghentikannya.
3.       Sasaran itu menunjukan apa yang harus anda perbuat

Segala motivasi di dunia ini akan percuma saja kalau di sia-siakan untuk hal-hal yang tidak penting. Sasaran membantu anda menentukan prioritas, mengarahkan anda untuk menekuni apa yang penting.
4.       Sasaran itu mengarahkan fokus anda kepada peningkatan, bukan kegiatan

Kunci sukses dan mencapai potensi anda yang sesungguhnya adalah kemampuan anda untuk terus meningkatkan diri. Kegiatan semata tidak berbuat apa-apa bagi anda, malah bisa mengalihkan perhatian anda dari mencapai potensi kalau menjadi pengganti peningkatan. Tetapi ketika anda menetapkan sasaran-sasaran yang tepat dan berupaya mencapainya ketimbang sekedar tetap menyibukan diri, peningkatan bukan saja akan munhkin anda capai melainkan pasti anda capai.

5.       Sasaran itu menciptakan tanda-tanda kemajuan
Setiap kali anda mencapai suatu sasaran, anda bukan saja mengetahui bahwa anda meraih memajuan, melainkan juga anda bisa melihat sudah berapa jauh jarak yang anda tempuh. Sasaran itu ibarat tanda-tanda di perjalanan sukses.

Buatlah sasaran anda jelas
Tertulis
Sasaran yang ditetapkan secara benar itu sudah separuh tercapai, dan sasaran tertulis itu tetap. Proses menuliskan sasaran-sasaran membantu anda mengklarifikasikan apa yang ingin anda kerjakan, memahami pentingnya sasaran-sasaran anda, dan berkomitmen untuk menjadikan anda lebih bertanggung jawab.
Pribadi
Kekeliruan umum adalah mengidentifikasikan sesuatu yang diluar kendali anda sebagai sasaran. Umpamanya, banyak orang yang mengatakan sasarannya adalah memenangkan undian atau lotere yang sebenarnya bukanlah sasaran. Agar benar, sasaran harus berada dalam di dalam kuasa anda untuk anda capai atau anda laksanakan secara pribadi
Spesifik
Kunci menjadikan sebuah sasaran itu mungkin dicapai adalah menjadikannya spesifik. Anda harus menyatakannya dengan spesifik, apa yang ingin anda kerjakan
Bisa dicapai
Orang-orang sukses menetapkan sasaran yang sedikit lebih jauh dari jangkauan, tetapi bukannya tidak kelihatan.
Bisa diukur
Sasaran-sasaran kan berharga hanya kalau membantu anda meningkatkan diri dan mengembangkan potensi anda. Itulah sebabnya sasaran itu harus bisa diukur.
Memperhitungkan waktu
Sasaran itu disebut “impian dengan batas waktu pencapaian” karena tanpa batas waktu pencapaian, kebanyakan sasaran tidak akan pernah berubah dari impian menjadi realita.

http://mrsigit80.blogspot.com/

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More