Jumat, 04 November 2011

Kepemimpinan Dan Ilmu Membangun Kelompok





PENGERTIAN
                
Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang yaitu pemimpin untuk mempengaruhi orang lain yaitu yang dipimpin, sehingga orang lain bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh pemimpin.

Kepemimpinan sebagai kedudukan merupakan kumpulan hak dan kewajiban yang dapat dimiliki oleh seseorang atau suatu badan hukum. Sebagai suatu proses sosial, kepemimpinan meliputi segala tindakan yang dilakukan seseorang atau badan hukum yang menyebabkan gerak dari warga masyarakat.

Kepemimpinan merupakan hasil dari dinamika interaksi sosial. Membicarakan kepemimpinan tentu saja tidak bisa berlepas dari membicarakan kelompok/organisasi. Munculnya seorang pemimpin merupakan hasil dari suatu proses dinamis yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan kelompok. Selain itu munculnya seorang pemimpin sangat diperlukan dalam keadaan-keadaan dimana tujuan kelompok sosial yang bersangkutan terhalang atau apabila kelompok tadi mengalami ancaman dari luar.

Seperti  kita maklumi bahwa sejak lahir manusia sudah mempunyai dua hasrat pokok yaitu hasrat untuk menjadi satu dengan manusia lain dan hasrat untuk menjadi satu dengan alam.

Dari kedua hasrat inilah kemudian manusia membentuk kelompok-kelompok sosial didalam kehidupan manusia. Kelompok-kelompok sosial tersebut merupakan himpunan manusia yang hidup bersama. Himpunan tersebut biasanya antara lain menyangkut hubungan timbal-balik yang saling menguntungkan dan saling mempengaruhi.

Sampai disini bisa dikatakan bahwa manusia  tidak akan bisa bertahan tanpa pertolongan orang lain, manusia memerlukan orang lain guna memenuhi segala macam kebutuhannya baik kebutuhan jasa atau kebutuhan materi supaya dapat bertahan hidup.

Kebutuhan-kebutuhan hidup manusia terus mengalami perkembangan dan semakin beraneka ragam, oleh karena itu lama-kelamaan manusia semakin tidak bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhannya sendiri tetapi ia memerlukan manusia lain untuk membantunya.

Untuk mempermudah kebutuhan-kebutuhan itulah kemudian manusia membentuk kerjasama saling menguntungkan antar manusia. Selain itu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia disusunlah tugas-tugas khusus yang dikerjakan oleh orang-orang yang mempunyai keahlian khusus pula. Dalam tahap inilah kemudian muncul kelompok-kelompok yang sudah tersusun rapi dan sistemik dalam kerangka kerja yang menyeluruh itulah yang kemudian disebut organisasi.

Untuk menggerakan organisasi supaya bisa berjalan maka mau tidak mau harus ada pemimpin. Pemimpin yang menjalankan satu organisasi disebut manager.

TUGAS-TUGAS PEMIMPIN

Secara sosiologis, tugas-tugas pokok pemimpin adalah :
  1. memberikan suatu kerangka acuan yang jelas yang dapat dijadikan pegangan bagi pengikut-pengikutnya.
  2. mengawasi, mengendalikan serta menyalurkan perilaku warga masyarakat.
  3. bertindak sebagai wakil kelompok kepada dunia luar.

Menurut fungsi managemen, tugas pokok seorang pemimpin adalah :
  1. menentukan tujuan, kelihatannya sederhana tetapi dalam banyak keadaan tidaklah mudah untuk menjalankannya.
  2. Merencanakan, bila mungkin ada rencana yang disetujui semua anggota organisasi
  3. Memberi Brifing, pemimpin harus mampu memberikan jawaban yang meyakinkan mengapa kita melaksanakannya dengan cara ini atau itu ?
  4. Mengontrol, mengawasi dan memantau semua pekerjaan yang sedang berlangsung.
  5. mengevaluasi
tujuannya adalah melakukan hal yang baik dikemudian hari.


Bila seorang pemimpin bisa melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan yang direncanakan maka organisasi akan bekerja dengan efektif. Ciri grup yang efektif bila anggota-anggotanya siap untuk berubah.

sebagai sebuah proses kerja,  organisasi nantinya akan selalu mengalami perubahan baik perubahan yang positif yang mengarah pada kemajuan maupun perubahan yang negatif yang mengarah pada kegagalan.

Yang perlu diperhatikan pemimpin juga anggota adalah tidak semua perubahan merupakan sebuah kemajuan tetapi adakalanya sebuah kemunduran/kegagalan.

Perubahan menjadi kegagalan bila :
  1. Perubahan yang diusulkan adalah gagasan buruk
  2. Perubahan yang diusulkan tidak diterima oleh pemberi pengaruh
  3. Perubahan yang diusulkan tidak disajikan secara efektif
  4. Perubahan yang diusulkan semata-mata berdasarkan masa lalu
  5. Perubahan yang diusulkan terlalu banyak

Kemudian dalam proses kerja organisasi terdapat empat alasan umum kenapa seseorang tidak melakukan kerja sebagaimana mestinya :
  1. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan
  2. Mereka tidak tahu bagaimana melakukannya
  3. Mereka tidak tahu mengapa mereka yang harus melakukannya
  4. Ada rintangan dari luar


Kerja organisasi adalah suatu koordinasi dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh orang-orang yang diberi wewenang untuk mencapai tujuan. Adanya orang-orang yang melakukan sejumlah kegiatan yang terkoordinasi menunjukkan bahwa orang-orang tersebut berhubungan dan saling tergantung satu sama lain serta saling kerjasama.

Sedankan tim kerja adalah sejumlah individu yang memiliki keterampilan kelompok dan memiliki sikap kelompok yang baik.

Individu adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan profesional, motivasi kerja, kepribadian yang sesuai dengan tuntutan tugas untuk melaksanakan kegiatan yang dibebankan pada diri mereka dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Tahap-tahap terbentuknya tim kerja :
  1. tahap formal
ditandai dengan sikap dan perilaku anggota tim yang serba basa-basi penuh formalitas dan sopan-santung serta serba canggung
  1. tahap ya yang dangkal
Ditandai dengan sikap mengiyakan pendapat, meskipun sesungguhnya ia tidak menyutujui atau menerima. Bila hendak menolak pun rasanya tidak enak
  1. tahap frustasi
ditandai adanya omelan-omelan diantara anggota tim. Hal ini karena selalu mengerjakan apapun yang diminta meskipun hatinya tidak setuju.
  1. tahap konfrontasi
dimana anggota tim yang merasa frustasi mulai saling membukakan diri secara murni apa adanya. Tahap ini juga masih dalam tahapan kritis
  1. tahap saling pengertian
bila keempat tahapan sudah dilalui selanjutnya mereka akan saling memahami dan saling mengerti antara anggota-anggota sesama tim
  1. tahap keterikatan emosional
timbul rasa persatuan dan kompak

CARA-CARA KEPEMIMPINAN

  1. Cara-cara otoriler
Ciri-cirinya :
-       Pemimpin yang menentukan segalanya secara sepihak
-       Pemimpin terpisah dari kelompok dan seakan-akan tidak ikut dalam proses interaksi di dalam kelompok tersebut.

  1. Cara-cara demokratis
Ciri-cirinya :
-       Pemimpin mengajak warga atau anggota kelompok untuk ikut serta merumuskan tujuan dan bagaimana tujuan tersesut bisa dicapai
-       Pemimpin secara aktif memberikan saran dan petunjuk
-       Pemimpin secara aktif ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan organisasi

  1. Cara-cara bebas
Ciri-cirinya :
-       Pemimpin menjalankan perannya secara pasif
-       Penentuan tujuan diserahkan kepada kelompok
-       Pemimpin hanya menyediakan sarana
-       Pemimpin berada di tengah-tengah kelompok, namun dia hanya berperan sebagai penonton

Ketiga katagori tersebut dapat berlangsung bersamaan, karena metode mana yang terbaik sensntiasa sangat tergantung pada situasi yang dihadapi.

ETIKA BERORGANISASI
  1. Potensi terbesar untuk pertumbuhan organisasi adalah pertumbuhan orang-orangnya.
  2. Percayalah pada orang lain maka mereka akan tulus pada anda
  3. Perlakukan mereka seperti orang besar dan mereka akan memperlihatkan dirinya seperti orang besar.
  4. Jangan merobohkan pagar sebelum anda memahami alasan mengapa pagar itu didirikan.

PENUTUP

Mengetahui bagaimana cara melakukan sebuah pekerjaan adalah keberhasilan pekerja, bisa memberitahu orang lain adalah keberhasilan guru, mengilhami orang lain untuk melakukan pekerjaan adalah keberhasilan management, bisa melakukan ketiga-tiganya adalah keberhasilan seorang leaders sejati



Saran-saran untuk fasilitator
-       Fasilitator bisa mengajak peserta untuk melakukan kegiatan di alam terbuka
-       Kegiatan yang bisa dilakukan :
- si buta berpasangan
      - Sepak bola balon
      - Trust fall  

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More