Kamis, 03 November 2011

Patah Hati

Patah hati…..mungkin semua orang pernah mengalaminya. Ketika kita patah hati, sepertinya semua hati kita di kuasai oleh emosi dan nafsu. Memang akan membutuhkan waktu untuk kita bisa pulih dari rasa sakit yang mendera. Akan membutuhkan waktu untuk kita bisa mengobati dan menyembuhkan hati yang terlanjur terluka. Menata hati lagi…..dari awal lagi. Di saat kita sedang patah hati terkadang kita merasa tidak ada orang lain yang benar-benar bisa mengerti perasaan kita, kecuali mereka pernah mengalami kondisi dan situasi yang sama.

Ketika seorang wanita sedang mengalami patah hati, mereka cenderung membutuhkan tempat untuk mengeluarkan semua keluh kesahnya, dia tidak “benar-benar” membutuhkan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang di hadapinya, karena yang di butuhkannya saat itu adalah seseorang yang bisa mendengarkan dan mengerti keadaaanya. Seorang wanita mampu menyelesaikan dan mengobati luka hatinya sendiri setelah hati dan pikirannya lebih tenang. Sedangkan pria, ketika patah hati cenderung menarik diri.

Semua perasaan sedih, terluka dan kecewa yang di alami ketika sedang patah hati, memang wajar adanya. Hanya saja, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk tetap bisa bertahan. Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat [Hamka].

Sepertinya semua terlihat mudah, namun pada kenyataannya itu hal yang sangat sulit untuk di lakukan. Sangat di butuhkan “perjuangan” dan konsistensi yang sangat besar untuk bisa melakukannya. Hati terasa seperti “perang batin”, perasaan tidak menentu, banyak kebimbangan yang selalu menyertai. Kesedihan yang sangat! Bahkan terkadang karena begitu beratnya sampai-sampai membuat mata “terlalu kering” untuk menangis.

Terlepas dari semua keterpurukan itu, kita harus tetap bertahan, jangan biarkan kesedihan merenggut kebahagiaan kita, karena setiap orang berhak bahagia. Sakit patah hati bertahan selama kau menginginkannya dan akan mengiris luka sedalam kau membiarkannya. Kita harus menyadari, ketika kita merasa pengalaman pahit itu terasa menyakitkan dan merasa lelah dengan semua penderitaan, kita harus melihat ke atas pasti ada yang lebih menyakitkan dari kita.

Menerima kenyataan dan berpikir positif serta mengambil hikmah dari pengalaman “patah hati” memang merupakan cara dan jalan keluar yang terbaik untuk keluar dari keterpurukan dan mengobati hati yang sudah terluka. Janganlah kita larut dalam kesedihan, karena kesedihan atau rasa sakit yang menimpamu tak akan berlalu tanpa arti, bahkan Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik. Percayalah Ketika cinta harus berakhir, dialah yang akan rugi karena telah membiarkan pergi orang yang mencintainya, yang akan membuatnya menjadi orang hebat [Mario Teguh]. Seharusnya dia yang menangis, bukan kita……mungkin kita “hanya” kehilangan orang yang kita cintai tapi dia kehilangan orang yang mencintainya.

Obat patah hati adalah jatuh cinta lagi, itu kalimat yang selalu aku dengar dari kebanyakan orang. Sepertinya itu ada benarnya juga…….hal yang harus di lakukan ketika mengobati patah hati adalah dengan menemukan seseorang yang bisa lebih menghargai perasaan kita dan menyayangi kita.Jangan bersedih hati jika ada anak panah menghujam hati anda di lepaskan oleh orang yang paling dekat dengan kita. Kita pasti akan menemukan orang lain yang akan mencabut panah itu dan mengobati luka kita serta akan menjadikan kita dapat hidup dan tersenyum lagi. Walaupun kita merasa “agak sulit” untuk melakukannya, karena apapun yang menyangkut hati dan perasaan tidak ada yang mudah dan sederhana, namun tidak ada salahnya kita berusaha “perlahan-lahan” bangkit dari keterpurukan dan pelan-pelan menyembuhkan rasa sakit yang ada walaupun lukanya akan selalu membekas.

Open your heart, then it will find it’s own way!

By. Shanty Wiryahaspati
*Kata Bijak Berbagai Sumber

http://mrsigit80.blogspot.com

0 comments via blog:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More