Kamis, 17 November 2011

Menuju Pemimpin

PENGERTIAN

Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang (yaitu pemimpin) untuk mempengaruhi orang lain (yaitu yang di pimpin). Sehingga orang lain bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh pemimpin.

Kepemimpinan sebagai kedudukan merupakan kumpulan hak dan kewajiban yang dapat dimiliki oleh seseorang atau suatu badan hukum.

Sebagai suatu proses sosial, kepemimpinan meliputi segala tindakan yang dilakukan seseorang atau sesuatu badan hukum yang menyebabkan gerak dari warga masyarakat.

PERKEMBANGAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan merupakan hasil dari dinamika interaksi sosial. Munculnya seorang pemimpin merupakan hasil dari suatu proses dinamis yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan kelompok. Selain itu munculnya seorang pemimpin sangat-sangat diperlukan dalam keadaan-keadaan dimana tujuan kelompok sosial yang bersangkutan terhalang atau apabila kelompok tadi mengalami ancaman dari luar.


CIRI KHAS PEMIMPIN YANG BAIK

1. Integritas
Integritas didefinisikan sebagai kualitas yang membuat orang mempercayai anda. Kepercayaan adalah yang penting dalam semua bentuk hubungan. Integritas secara harfiah berarti keseluruhan pribadi kata itu juga mengungkapkan rasa kesetiaan terhadap standar atau nilai-nilai dari luar diri anda, terutama kebenaran. Kepercayaan dan kebenaran adalah bagai saudara sepupu. 


2. Antusiasme
Antusiasme merupakan ciri umum seorang pemimpin.

3. Kehangatan

4. Tegas dan Adil

Kekuatan kepemimpinan ditentukan oleh beberapa sandaran, yaitu social basis dan cultural focus.

TUGAS PEMIMPIN

Secara sosiologis, tugas-tugas pokok pemimpin adalah:

1. Memberikan suatu kerangka pokok yang jelas yang dapat dijadikan pegangan bagi pengikut-pengikutnya.
2. Mengawasi, mengendalikan serta menyalurkan perilaku warga masyarakat.
3. Bertindak sebagai wakil kelompok kepada dunia luar kelompok yang dipimpin.
Menurut fungsi manajemen, tugas pokok seorang pemimpin adalah :

1. Menentukan tujuan
Kelihatannya sederhana, tetapi dalam banyak keadaan tidaklah mudah menjalankannya.
2. Merencanakan
Bila mungkin ada rencana yang disetujui semua anggota kelompok.
3. Memberi brifing
Pemimpin harus mampu memberikan jawaban meyakinkan “mengapa kita melaksanakannya dengan cara ini atau itu?”

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More