Minggu, 14 Agustus 2011

Percaya Diri Sendiri



Pilihlah untuk percaya pada diri sendiri
Percaya diri adalah keyakinan; keyakinan pada diri sendiri dan keyakinan akan pencapaian yang sukses dari keinginan-keinginan anda. Kepercayaan diri adalah batu fondasi dari setiap langkah kedepan yang diambil oleh manusia. Seluruh keinginan yang anda miliki akan dapat anda capai, jika anda percaya pada hasil akhirnya. Kepercayaan diri adalah keteguhan hati dan penguatan diri untuk terus berjuang hingga tujuan anda brhasil terwujud.
Satu hal yang akan menjamin penyelesaian yang memuaskan dari tugas apapun adalah keyakinan bahwa hal tersebut dapat dilakukan. Kepercayaan diri adalah panduan bagi orang sukses; suatu kepercayaan diri dari dalam yang luar biasa, yang menggabungkan keyakinan dengan tindakan antusiasme untuk membuat hal-hal yang tampaknya tidak mungkin menjadi kenyataan.
Mungkin bagian yang paling sulit dalam mencapai kesuksesan adalah percaya bahwa anda dapat berhasil. Jika anda tidak benar-benar percaya bahwa anda dapat melakukan sesuatu, maka anda tidak akan memberikan usaha yang dibutuhkan. Kepercayaan diri adalah suatu katalis. Kepercayan diri yang tinggi dan berani memacu pikiran untuk mencari cara dan alat untuk mewujudkan mimpi-mimpi anda yang paling gila.
Salah satu daya yang paling kuat dan dinamis dalan suatu eksistensi adalah keinginan dari seorang manusia yang yakin pada dirinya sendiri, yang berani untuk berangan-angan lebih tinggi, dan yang dengan yakin mengejar hal-halyang paling diinginkannya dalam kehidupan. “Saya dapat melakukannya” adalah suatu penegasan yang luar biasa kuat. Percaya, benar-benar percaya bahwa anda dapat melakukan sesuatu dan anda pasti akan dapat mencapainya. Tentu saja dengan syarat, anda mengikuti kepercayaan anda yang kuat, dan dengan tindakan antusias yang tidak terbatas, penuh komitmen, serta tidak kenal lelah.  
Jika anda ingin meraih lebih banyak dari yang anda raih saat ini, maka sebelum melakukan hal lain, anda perlu menaikkan kepercayaan pada diri anda. Setiap orang memiliki rasa percaya diri pada diri sendiri untuk tingkat tertentu, tetapi yang menjadi tema buku ini adalah sampai ke tingkat mana.
Semua hal yang telah anda raih sampai saat ini telah dievaluasi dan diproses oleh citra-diri anda, atau pendapat anda tentang diri anda. Begitu juga, setiap peluang yang lepas telah diproses oleh citra-diri anda dan ditolak karena terlalu bagus untuk anda! Citra-diri anda telah diprogram oleh anda untuk melihat pencapaian dan kesuksesan pada tingkat tertentu. Citra-diri ini menolak apapun yang dianggap ‘tidak cukup bagus’ bagi anda. Memang tidak salah, tetapi citra-diri ini juga menolak kejadian-kejadian dan orang-orang yang mampu mengangkat hidup anda ke tingkat yang betul-betul baru di dalam setiap area : keuangan, emosional, jasmaniah, dan spiritual.

Percaya pada diri sendiri tidak terwujud satu malam
Alangkah indahnya jika ada satu cara instan dan ajaib yang dapat menaikkan rasa percaya diri, misalnya hanya dengan menjentikan jari lalu tingkat percaya diri langsung tinggi!  Tapi sayangnya untuk memiliki dan menaikkan kepercayaan anda pada diri sendiri harus melalui proses dan dibangun sedikit demi sedikit atau selangkah demi selangkah. Kepercayaan diri bukan sesuatu yang dapat dibeli ditoko atau dibawa didalam dompet.

Citra-Diri Anda, Sahabat atau musuh?
Citra diri adalah gambaran mental yang anda miliki mengenai diri anda sendiri. Inilah cara anda memandang diri sendiri. Citra diri kadang dinyatakan sebagai harga diri atau kepercayaan diri, di mana pandangan diri  yang lemah dikenal dengan rasa rendah diri. Apakah anda memandang diri sendiri sebagai pemenang luar biasa penuh semangat,percaya diri,dan sukses atau sebagai individu yang pemalu dan pemurung tanpa harapan masa depan,inilah citra diri anda terhadap diri sendiri. Berita baiknya adalah anda dapat,kapan saja,mengubah dan meningkatkan citra diri anda dengan displin-disiplin yang telah dipelajari.
Anda benar-benar memiliki kemampuan untuk memperkaya cara pandang anda terhadap diri sendiri. Citra diri adalah tanggung jawab anda sendiri, dan anda lah yang menentukan sebesar apa anda menyukai diri sendiri. Sikap anad aakn selalu konsisten dengan apa yang anda pikirkan mengenai siapa dan siapa diri anda. Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan yang besar dan mengalami yang terbaik dalam kehidupan, adalah sangat penting bagi anda untuk memiliki citra diri yang sehat,sikap mental yang positif, dan menampilkan rasa percaya diri yang besar atas kemampuan diri sendiri.
“Dunia adalah cerminan diri anda. Ketika anda membenci diri sendiri,anda membenci semua orang;tapi ketika anda menyukai diri anda, seluruh dunia terasa indah”
Maxwell Maltz, dalam bukunya yang luar biasa, Psychocybernetics, membuktikan bahwa citra-diri Anda adalah pembentuk atau perusak hidup anda. Bagaimana anda melihat diri anda, lebih dari apapun, menentukan bagaimana anda memperlakukan dunia, dan inikemudian menentukan daya tarik anda di dunia.
Ketika menulis buku tersebut, Maxwell Maltz adalah seorang dokter bedah plastic terkemuka di maerika. Hal yang membuat dia meneliti topic citra-diri adalah umpan-balik yang dia terima dari pasien=pasien yang dia operasi.  Telah Mayoritas pasien, saat perbandibuka, sangat kecewa karena mereka tidak melihat perbedaandalam penampilan mereka. Maltz terheran-heran. Dia bisa mudah melihat perubahan-perubahan yang tekah terjadi, dan tahu secara pasti apa dampak dari bedah plastic yang sangat signifikan dalam setiap kasus. Sekalipun telah melihat photo “pra dan pasca” pembedahan banyak pasien yang keluar dari ruang pembedahaan merasa tidak berubah. Maltz akhirnya menyadari bahwa meskipun dia telah mengubah bentuk fisik dari pasien. Tidak terjadi pembedahan internal yang mengubah bagaimana pasien memandang diri mereka, citra-diri mereka sendiri.
“Citra diri anda bisa menjadi sahabat anda, menggerakan  anda kesuksesan yang tak terbayngkan atau bisa membenamkan anda kedalam keputus-asaan”. Semuanya berpulang kepada bagaimana anda memandang diri anda. 
Salah satu opini terbaik yang pernah saya dengar tentang gambaran diri , atau harga diri, adalah “kita membandingkan apa yang ada dalam diri kita dengan penampilan luar orng lain”. Bila anda membandingkan diri anda dengan orng-orang yang berada disekitar anda, maka harga diri anda tidak akan pernah tumbuh, Lagi bagaimanakah cara untuk mengetahui bahwa kita mempunyai harga diri tinggi atay rendah? Unyuk menguji harga diri caranya adalah dangan merasakan apa yang anda anda rasakan tentang diri sendiri.tak seorangpun dapat masuk kedalam pikiran anda dan merasakan apa yang anda rasakan. Memang benar, ada ratusan cara mengavuluasi harga diri yang dapat anda gunakan, tetapi pada akhirnya, hanya pendapat diri anda sendirilah yang benar-benar berperan.
Ada suatu cara yang paling mudah untuk mengetahui cara kerja harga diri anda dan sejauh mana harga diri anda pada saat itu.
Didalam bukunya yang berjudul “You Can Do It” karya Paul Hana ada bab yang sangat  menarik tentang  ‘Rekening Bank Harga Diri’ serta puisi yang berjudul “Manusia Dalam Cermin”

‘Rekening Bank Harga Diri’
Proses rekening ini mirip dengan tabungan anda di bank, yaitu anda dapat menyimpan maupan menarik simpanan kapanpun diperlukan. Dan seperti halnya pada tiap-tiap rekening bank, apabila anda menghabiskan terlalu banyak dana yang tersedia dalam rekening tabungan anda, maka saldo rekenng anda akan dicetak merah. Demikian halnya dengan nomor rahasia anda (PIN), hanya anda yanga mengetahuinya. Dengan kata lain, hanya anda yang daoat menyimpan maupun menarik simpanan tersebut.
Mari kita berpikir lebih spesifik lagi : tak seorangpun mampu mengecewakan anda! Jadi sekarng, sebelum anda berpikir bahwa saya ini hanyalah seseorang yang hiup didunia mimpi, saya akan coba menjelaskan kedahsyatan kata-kata ini. Kita sering cenderung membiarkan orang lain mengatur harga diri kita, baik itu ibu, ayah, suami, istri, bahkan anak-anak, dibandinkan dengan berusaha sendiri untuk peka dan memperhatikan apa yang dikatakan pada kita dan apa yang dianggap dapat diterima. Tentu saja, anda kadang=kadang akan mersa dikecewakan, tetapi anda harusmerspaonya secara positif sebelum seseorang mengecewakan anda. Andalah yang harus memberikan ijinnya.
Selain itu, anda juga harus memberikan ijin bagi puian-pujian yanbg sifatnya positif untuk masum dalam rekening bank harga diri anda, dan itu berearti anda harus menerima pujian tersebut. Kita semua  siap menerima pukulan dipantat, tetapi kita cenderung menjadi sangat berhati-hati bila seseorang memberikan pujian. Kita bahkan cenderung berkata ‘heran, sebenarnya apa sih yang diinginkan?’ dab malahan menjadi curiga berlebihan.
Mari kita kembali pada pembicaraan tentang rekening bank tadi. Apa yang akan terjadi apabila anda mendapatkan bebrapa tagihan yang jumlahnya diluar dugaan?. Anda tidak merasa telah menikmati sesuatu tetapi anda harus membayar taihan tersebut. Rekening anda mungkin akan tampak kurang sehat seperti sebelum anda membayar tagihannya, tetapi anda masih memilii dana yang cukup dalam tabumgan unutk membayar tagihan-tagihan yang tidak terduga. Demikian halnya dengan rekening harga diri anda. Bila anda memiliki simpanan yang cukup, maka pendirian tidak akan digoyahkan oleh hal-hal tak terduga yang datang secara tiba-tiba.

http://mrsigit80.blogspot.com/

1 comments via blog:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More