Rabu, 21 September 2011

Hargailah Dirimu Sendiri

Menghargai mempunyai arti yang sangat luas dalam kehidupan kita, bisa berarti menghargai diri sendiri, menghargai orang lain, menghargai apa yang kita miliki, menghargai apa yang menjadi pilihan dan keputusan orang lain dan masih banyak lagi tentunya. Menghargai orang lain sama artinya dengan menghargai diri sendiri, kenapa? Karena sebelum kita bisa menghargai orang lain, kita harus bisa menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Menerima diri sendiri apa adanya adalah salah satu bentuk dari sikap menghargai diri sendiri.



Terkadang kita bisa menilai sejauh mana seseorang bisa menghargai dirinya sendiri, yaitu dari bagaimana ia berpenampilan, bersikap, berbicara, berpikir dan memperlakukan orang lain. Banyak sekali orang yang merasa dirinya adalah orang yang mempunyai “status sosial” dan pendidikan yang tinggi tapi mereka tidak “menghargai dirinya sendiri”. Kenapa aku mengatakan seperti itu? Karena banyak sekali dari mereka yang tidak bisa menghargai orang lain dan memperlakukan orang lain semena-mena. Entah itu dengan perlakuan (sikap) maupun kata-kata yang menyakitkan. Kadang aku hanya bisa tersenyum melihat tingkah laku mereka, karena mereka benar-benar tidak menyadari kalau mereka sedang mempermalukan dirinya sendiri.



Contoh kejadian tadi harus menjadi cerminan untuk kita, apakah pernah kita tidak “menyadari” kalau kita sedang mempermalukan diri sendiri? Kita harus lebih belajar dan berusaha untuk menghargai diri sendiri apabila kita tidak mau di nilai negatif oleh orang lain dan yang lebih parahnya lagi di remehkan orang lain, karena kalau itu sampai terjadi kamulah yang member izin pada dirimu sendiri.Banyak pengalaman nyata yang sering aku lihat tentang perlakuan meremehkan orang lain, salah satunya di dunia kerja, misalkan perusahaan yang tidak bisa menghargai kerja keras dan loyalitas pegawainya dengan memberikan pekerjaan melebihi dari kapasitasnya atau memberikan gaji yang tidak sesuai dengan berat dan tanggung jawab pekerjaan yang di berikan kepadanya. Belum lagi sikap dan kata-kata yang sangat menyakitkan yang “menurunkan” harga diri mereka.



Aku teringat apa yang pernah di katakan pak Mario Teguh, jika anda tidak ingin di remehkan orang lain, jangan membiarkan dirimu di remehkan, anggaplah dirimu lebih besar sehingga kita mempunyai keberanian untuk membela diri. Janganlah berdiam diri, di saat orang lain “meremehkan” kita, karena perlakuannya itu telah menurunkan harga diri kita dan jelas dia tidak menghargai kita sama sekali.Kehilangan wibawa melukai harga diri kita melebihi sekedar melukai perasaan kita, jika kita tidak melawannya, kita membiarkan mereka meyakinkan bahwa kita tidak lebih baik dari yang mereka katakan tentang kita. Harga diri cukup berharga untuk di perjuangkan.



Mulai sekarang marilah sama-sama kita belajar dan berusaha, berhentilah membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain dan mulailah menghargai diri sendiri. Kamulah satu-satunya yang dapat menghayati betapa istimewanya dirimu. Kalau kita tidak memiliki kebanggaan atas diri sendiri, tak seorangpun yang akan memberikannya.





By. Shanty Wiryahaspati

*Kata Bijak Berbagi Sumber

http://mrsigit80.blogspot.com/

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More