Rabu, 21 September 2011

Kesederhanaan


Kesederhanaan  tidak selalu di identikkan dengan arti serba hemat atau serba kekurangan. Namun makna dari kesederhanaan di sini adalah bijak dalam menggunakan rezeki (harta) yang kita punya dengan tidak hidup bermewah-mewahan dan bijak dalam menjalani hidup dengan lebih mempunyai rasa empati terhadap orang lain ataupun orang di sekitar kita yang memang hidupnya kurang beruntung dari kita.

Kebanyakan orang terkadang menyimpulkan, orang kaya cenderung hidupnya mewah karena secara materi yang mereka lihat di kehidupan nyata. Tapi satu hal yang harus kita ingat, bahwa arti “kaya” yang sebenarnya bukanlah hanya di lihat dari sudut materi saja karena banyak sekali kejadian di mana orang kaya secara materi tapi mempunyai  banyak sekali hutang. Oleh karena itu, janganlah kita merasa iri dengan orang lain yang “terlihat kaya” di mata kita, sedangkan kita tidak tahu apakah ia hidupnya setenang dan sebahagia yang kita pikirkan. Banyak sekali orang kaya yang merasa hidupnya “kosong” padahal kita semua tahu begitu banyak harta yang di milikinya dan justru terkadang mereka sangat iri dengan orang-orang yang hidupnya tidak lebih baik dari dia tapi terlihat sangat tenang dan bahagia.

Seseorang yang membiasakan hidup sederhana dalam kesehariannya, adalah orang yang senantiasa mensyukuri nikmat dan menghargai hidup, juga menghargai orang lain. Kenapa? Karena dia menyadari bahwa semua harta yang di milikinya hanyalah titipan dan juga amanah, dia juga akan bisa menghargai orang lain karena dia merasa Allah memberikan kehidupan yang jauh lebih “beruntung” dari orang lain.

Namun hal yang terpenting, adalah jangan pernah melihat seseorang dari kesederhanaan penampilannya saja, karena bisa saja dia adalah seseorang yang kaya, mungkin bukan kaya hartanya tapi Kaya Hatinya.

By. Shanty Wiryahaspati

http://mrsigit80.blogspot.com/

0 comments via blog:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More